https://tasikmalaya.times.co.id/
Ekonomi

Pasar Wisata Nusantara Dibuka, Tasikmalaya Siap Jadi Pusat Pariwisata dan Ekraf

Sabtu, 06 September 2025 - 00:22
Pasar Wisata Nusantara Dibuka, Tasikmalaya Siap Jadi Pusat Pariwisata dan Ekraf Mona Yuli Arta S perwakilan Asdep Event Daerah Kemenparekraf RI berfoto dengan WaWali Kota Tasikmalaya, Rd. Diky Chandranegara di salah satu tenant Batik Khas Tasikmalaya pada PWN 2025, Jumat (5/9/2025) malam (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMES TASIKMALAYA, TASIKMALAYA – Event pariwisata dan ekonomi kreatif terbesar di Priangan Timur Pasar Wisata Nusantara (PWN) 2025 menegaskan Kota Tasikmalaya sebagai kota yang memiliki  destinasi wisata unggulan sekaligus pusat kreativitas di Jawa Barat. 

Acara yang diinisiasi oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya bekerja sama dengan komunitas kreatif Wisatatasik.id, menghadirkan berbagai atraksi wisata, pameran industri pariwisata, hingga festival seni budaya yang diproyeksikan mampu menarik lebih dari 30.000 pengunjung selama tiga hari penyelenggaraan, 5–7 September 2025.

Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Rd. Diky Chandranegara, usai embuka rsmi gelaran PWN 2025 menegaskan peran vital Kota Tasikmalaya sebagai pusat pergerakan ekonomi dan wisata di wilayah Priangan Timur.

“Basic-nya, Tasikmalaya adalah epicentrum central bagi kabupaten/kota di Priangan Timur. Banyak wisatawan dan pelaku usaha menjadikan Tasik sebagai tumpuan. Melalui Pasar Wisata, kami berusaha menghidupkan ekonomi lokal dengan menggali potensi wisata yang ada,” ungkapnya kepada awak media. Jumat (5/9/2025) malam.

Sementara itu, Kepala Disporabudpar Kota Tasikmalaya, Dr. Deddy Mulyana, menekankan bahwa PWN 2025 bukan sekadar pameran, melainkan wadah strategis yang mempertemukan pelaku wisata, pelaku ekonomi kreatif, pemerintah, dan masyarakat luas.

“Kegiatan ini adalah momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif. Kami ingin Tasikmalaya berkontribusi nyata dalam memperkuat sektor ini, baik di tingkat daerah maupun nasional,” ujar Kadispora yang akrab disapa Deddy Otoy.

Dengan mengusung tema “Merayakan Keberagaman Pesona Nusantara”, PWN 2025 menurut Deddy menghadirkan berbagai agenda unggulan, di antaranya Pameran Multi Industri Pariwisata: Travel agent, hotel, atraksi wisata, desa wisata, dan badan promosi pariwisata daerah.

Karinding-Sadulur.jpgKarinding Sadulur kelompok musik etnis sunda yang memaikan alat music dari bambu saat tampil di PWN 2025. Jumat (5/9/2025) malam (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

Kemudian Pasar Nusantara: Bazaar kuliner khas daerah dan produk ekonomi kreatif, kemudian Tasik Creative Competition: Festival band, lomba fotografi & videografi, tari jaipong, fashion show busana adat Nusantara, e-sport competition, hingga cerdas cermat disabilitas.

Cultural & Spiritual Event: Tadarus Braille, Sport Tourism: Katarasik Run, agenda lari wisata khas Tasikmalaya serta event ini juga mendukung kampanye nasional #DiIndonesiaAja dan #BanggaBuatanIndonesia yang digaungkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Selain menikmati acara, wisatawan yang atang dari berbagai kota di nusantara ini dapat mengeksplorasi daya tarik wisata unggulan Kota Tasikmalaya yang sudah dikenal luas, di antaranya Gunung Galunggung yang mnerupakan  ikon wisata alam dengan kawah spektakuler.

Kemudian ada Situ Gede Danau populer untuk wisata keluarga, Pantai Cipatujah & Sindangkerta yang menjadi primadona wisata bahari selatan Jawa Barat.

Serta ada Kampung Naga yang merupakan desa adat yang mempertahankan tradisi leluhur dan Sentra Batik & Bordir Tasikmalaya yang menyajikan produk kreatif lokal yang sudah mendunia.

Sementara bagi pecinta wisata petualangan, Tasikmalaya juga menyuguhkan Ciwulan River Rafting, Canyoning Curug Koja, Jeep Offroad Pasir Datar, Kayaking Situ Lengkong, hingga River Tubing Desa Puspamukti. Wisata kota pun semakin menarik dengan hadirnya Bus Wisata Ngulisik dan Walking Tour Silent Trip.

PWN 2025 menurut Deddy Otoy diyakini akan memberikan dampak signifikan bagi perekonomian masyarakat, memperluas jejaring usaha, sekaligus memperkuat branding Tasikmalaya sebagai Kota Wisata Event. 

"Konsep pariwisata berbasis budaya, kuliner, sport tourism, dan ekonomi kreatif sejalan dengan tren nasional dan program “West Java In Motion” yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat."terangnya.

Dengan gelaran sebesar ini, Tasikmalaya semakin mantap meneguhkan diri sebagai epicentrum wisata Priangan Timur sekaligus destinasi unggulan yang siap bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Launching resmi Pasar Wisata Nusantara 2025 berlangsung meriah dengan dihadiri oleh Mona Yuli Arta Silaban, perwakilan Asdep Event Daerah Kemenparekraf RI, serta jajaran Forkopimda Kota Tasikmalaya. (*)

Pewarta : Harniwan Obech
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tasikmalaya just now

Welcome to TIMES Tasikmalaya

TIMES Tasikmalaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.