https://tasikmalaya.times.co.id/
Berita

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Daop 2 Bandung Operasikan KA Tambahan Lodaya

Kamis, 08 Mei 2025 - 18:42
Antisipasi Lonjakan Penumpang, Daop 2 Bandung Operasikan KA Tambahan Lodaya Ratusan penumpang saat akan menaiki kereta api di salah satu stasiun di wilayah Daop 2 Bandung. Kamis (8/5/2025). (Foto: Humas Daop 2 Bandung)

TIMES TASIKMALAYA, TASIKMALAYA – Antisipasi lonjakan jumlah penumpang selama masa libur panjang memperingati Hari Raya Waisak PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi atau Daop 2 Bandung menyiapkan langkah strategis berupa penambahan perjalanan kereta api. 

Salah satunya dengan menghadirkan Kereta Api (KA) Lodaya Tambahan yang melayani relasi Bandung – Solo Balapan (pulang pergi).

Langkah ini diambil untuk memberikan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu kepada masyarakat, sekaligus mendukung mobilitas selama periode long weekend.

Penambahan Perjalanan KA Lodaya Tambahan Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardojo, menjelaskan bahwa penambahan perjalanan KA Lodaya Tambahan merupakan bentuk komitmen PT KAI dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, terutama pada periode dengan potensi kenaikan volume perjalanan seperti saat libur nasional.

“Kami menyiapkan perjalanan KA Lodaya Tambahan untuk relasi Bandung – Solo Balapan (PP) pada periode libur panjang Hari Raya Waisak. Hal ini untuk mengakomodir tingginya jumlah pelanggan yang kami prediksi akan meningkat,” ujar Kuswardojo, Kamis (8/5/2025).

Rangkaian KA Lodaya Tambahan ini terdiri dari kelas eksekutif dan akan beroperasi selama tiga hari, yaitu pada tanggal 11, 12, dan 13 Mei 2025. KA akan berangkat dari Stasiun Bandung pukul 10.10 WIB dan tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 18.50 WIB, menempuh perjalanan sekitar 8 jam 40 menit.

Alternatif Layanan dan Himbauan untuk Calon Penumpang Selain KA Lodaya Tambahan, masyarakat tetap dapat menggunakan layanan KA reguler yang telah tersedia sebelumnya. PT KAI Daop 2 Bandung juga menghimbau para calon penumpang untuk merencanakan perjalanan lebih awal guna menghindari kehabisan tiket.

“Kami mengimbau pelanggan untuk memesan tiket sejak dini melalui aplikasi Access by KAI, website resmi booking.kai.id, atau mitra resmi penjualan tiket lainnya,” tambah Kuswardojo.

Tak hanya itu, pihaknya juga meminta kerja sama para pelanggan agar mematuhi seluruh peraturan yang berlaku selama perjalanan maupun ketika berada di area stasiun. Hal ini termasuk menjaga ketertiban, keamanan, serta kenyamanan bersama.

Komitmen KAI Dukung Transportasi Massal Aman dan Modern Sebagai perusahaan penyedia layanan transportasi massal berbasis rel, PT KAI terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan, terutama di masa-masa dengan permintaan tinggi seperti saat libur panjang nasional. 

Penambahan perjalanan KA tambahan diharapkan dapat menekan kepadatan, sekaligus memberikan solusi transportasi yang efisien bagi masyarakat.

Informasi lengkap mengenai jadwal perjalanan, ketersediaan tiket, dan ketentuan lainnya dapat diperoleh melalui Contact Center KAI 121 (telepon 121 atau (021) 121), WhatsApp KAI di 0811-1211-1121, email [email protected], serta kanal media sosial resmi KAI. (*)

Pewarta : Harniwan Obech
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tasikmalaya just now

Welcome to TIMES Tasikmalaya

TIMES Tasikmalaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.