https://tasikmalaya.times.co.id/
Hukum dan Kriminal

Brimob Hadang Konvoi Genk Motor di Tasikmalaya

Minggu, 10 Maret 2024 - 12:02
Brimob Hadang Konvoi Genk Motor di Tasikmalaya Sejumlah personel  saat mengamakan Gerombolan Bermotor di Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Jabar, Minggu (10/3/2024) (FOTO: Dok. Satbrimob Polda Jabar)

TIMES TASIKMALAYA, TASIKMALAYA – Petugas Brimob membubarkan konvoi genk motor di Jalan Manonjaya-Banjar, Desa Ancol, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya pada Minggu (10/3/2024) dini hari tadi.

Menurut keterangan dari Komandan Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Jabar, Kompol Iyus Ali Yusup, kelima pelaku yang terlibat dalam aksi tersebut didominasi oleh remaja di bawah umur. 

Mereka tidak hanya menggunakan knalpot bising namun juga mengendarai sepeda motor tanpa plat nomor.

"Betul telah kami amankan sebanyak lima orang gerombolan bermotor di jalan raya Manonjaya-Banjar. Semuanya berusia di bawah umur," ujar Kompol Iyus Ali Yusup. Minggu (10/3/2024)

Kronologis penangkapan menurut Yus berawal ketika personel dari Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Jabar yang sedang berjaga di pos penjagaan depan mendengar suara bising knalpot, setelah dilihat, ternyata ada konvoi para remaja yang datang dari arah Jalan Manonjaya.

"Saat itu anggota kami yang tengah melaksanakan piket di pos jaga depan sedang mengobrol, kemudian terdengar suara konvoi motor dari arah Manonjaya, serentak anggota piket mengamankan gerombolan motor tersebut," jelasnya.

Meskipun sebagian dari mereka berusaha melarikan diri, namun lima orang berhasil ditangkap karena kesigapan petugas. Selain dihalau oleh petugas, para anggota gerombolan bermotor itu juga dihalau oleh warga setempat yang merasa resah dengan aksi mereka yang membuat gaduh di sepanjang jalan.

"Saat mengamankan gerombolan tersebut, ada sebagian dari mereka yang kabur. Warga juga berdatangan meminta bantuan kepada kami untuk mengamankan gerombolan motor tersebut, dikarenakan membuat kegaduhan di sepanjang jalan Cineam," tambahnya.

Setelah berhasil ditangkap di jalan raya, kelima gerombolan bermotor itu langsung digelandang ke Mako Batalyon untuk selanjutnya diserahkan ke Polres Tasikmalaya Kota guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Kami amankan ke Mako Batalyon sambil menunggu kedatangan anggota Polres Tasikmalaya Kota. Kemudian, kami serah terimakan mereka dan kendaraannya ke pihak Polsek Cineam untuk selanjutnya dibawa ke Polres. Semuanya yang kami tangkap berusia di bawah umur," pungkas Iyus.

Yus berharap  penegakan hukum dapat memberikan efek jera bagi para pelaku serta memberikan rasa aman kepada masyarakat Tasikmalaya dari aksi-aksi yang meresahkan. (*)

Pewarta : Harniwan Obech
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tasikmalaya just now

Welcome to TIMES Tasikmalaya

TIMES Tasikmalaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.