Berita

Stand Up Paddle Indonesia Jajal Derasnya Jeram Sungai Ciwulan Tasikmalaya

Jumat, 18 Juni 2021 - 21:04
Stand Up Paddle Indonesia Jajal Derasnya Jeram Sungai Ciwulan Tasikmalaya Seorang paddler asal Jakarta menjajal derasnya jeram Sungai Ciwulan, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMES TASIKMALAYA, TASIKMALAYA – Sinar mentari pagi menghangatkan suasana para paddler Stand Up Paddle (SUP) dari berbagai kota di Jawa Barat dan Jakarta. Mereka sengaja datang ke Sungai Ciwulan Kota Tasikmalaya untuk menjajal serunya jeram dan indahnya panorama Kota Tasikmalaya.

Pengarungan tujuh paddler yang tergabung dalam SUP Indonesia ini didampingi oleh sebuah perahu karet dan satu riverboarding mulai pengarungan dari Kampung Leuwibilik, Kelurahan Leuwiliang, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya dan berakhir di jembatan Sukaraja dengan jarak tempuh sepanjang 7,2 Km dengan waktu 3 jam 12 menit.

Stand Up Paddle 2Salah satu anggota Stand Up Paddler Indonesia di atas perahu karet sedang mengabadikan indahnya panorama Sungai Ciwulan, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya (FOTO:Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

Stand Up Paddle merupakan gabungan dari surfing dan canoeing menggunakan single blade paddle. Olahraga ini termasuk dalam kategori petualangan atau aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pantai, laut, danau dan sungai.

Ketua Asosiai SUP Indonesia, Heriyanto yang akrab di panggil Bob mengungkapkan, olahraga ini juga bisa dilakukan sambil berselancar di gelombang laut (SupSurf), mengarumi jeram di sungai (white water SUP), sambil yoga (Sup Yoga), bahkan bisa untuk mendukung aktivitas memancing.

Pria berkacamata ini menjelaskan tujuan para paddler datang ke Sungai Ciwulan ini sebetulnya untuk memanjatkan puji dan syukur atas anugerah yang telah diberikan Tuhan dengan menghargai keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia. 

"Sebetulnya saya ke sini ingin menikmati keindahan panorama sungai Ciwulan yang indah dengan cara yang berbeda yaitu dengan mengarungi sungai bareng rekan-rekan SUP," ungkapnya.

Stand Up Paddle 3Para paddler sedang berkemas setelah menjajal derasnya jeram Sungai Ciwulan, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya (FOTO:Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

Menurutnya, Sungai Ciwulan memiliki potensi keindahan alam yang sangat menarik dengan berbagai kekayaan alam seperti keragaman flora dan fauna yang masih hidup menghuni aliran sungai ini.

"Asyik sekali sungai ini masih alami, kita masih bisa lihat masih belasan biawak yang berjemur di atas batu dan berbagai ikan beriringan, ini bisa menjadi potensi wisata alam yang luar biasa," tandasnya.

Ia menambahkan, selain keindahan alam yang dimiliki oleh Sungai Ciwulan, perlu juga dijaga oleh kita semua akan  kelestarian dan kualitas air dari bahaya pencemaran terutama yang bersumber dari sampah. (*)

Pewarta : Harniwan Obech
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tasikmalaya just now

Welcome to TIMES Tasikmalaya

TIMES Tasikmalaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.