Berita

Hari ke 9 Olimpiade Tokyo 2020, Posisi China Belum Tergoyahkan

Senin, 02 Agustus 2021 - 07:35
Hari ke 9 Olimpiade Tokyo 2020, Posisi China Belum Tergoyahkan Emma McKeon dari Australia saat final gaya bebas 50 meter putri di Tokyo Aquatics Center, Minggu.(FOTO: The New York Times)

TIMES TASIKMALAYA, JAKARTA – Banyak perolehan medali emas dari sejumlah negara di hari ke 9 Olimpiade Tokyo 2020. Namun hal itu masih belum menggoyahkan posisi China sebagai pimpinan klasemen sementara dengan 24 emas, 14 perak, dan 13 perunggu.

Amerika Serikat berada di urutan kedua dengan komposisi 20 emas, 23 perak, dan 16 perunggu. Sedang posisi ketiga diduduki Jepang dengan 17 emas, 5 perak, dan 9 perunggu.

Atlet renang Emma McKeon, dari Australia mencetak rekor perolehan medali yakni 7 medali di satu Olimpiade. Sedangan dari lapangan golf, pegolf Amerika Serikat, Xander Schauffele meraih emas golf pada hari dimana suhu panas mencapai 40 derajat.

7 Medali dalam Satu Olimpiade

Emma-McKeon-a.jpgPerenang Australia, Emma McKeon. (Foto: Reuters)

McKeon menjadi perenang pertama yang memenangkan tujuh medali di satu Olimpiade dengan dua medali emas pada hari Minggu saat kompetisi renang berakhir beberapa jam sebelum final lari 100m putra yang menjadi pusat perhatian dalam atletik.

McKeon sangat cepat di kolam renang untuk memenangkan gaya bebas 50m sebelum membantu Australia memenangkan estafet gaya ganti 4x100m putri. Keberhasilannya meraih tujuh medali dalam satu olimpiade membuanya bergabung dalam jajaan atlet hebat seperti Michael Phelps, Mark Spitz dan Matt Biondi sebagai perenang yang memenangkan tujuh medali di satu Olimpiade.

"Ini suatu kehormatan karena saya tahu saya telah bekerja sangat keras untuk itu," kata Mckeon.

Caeleb Dressel perenang Amerika Serikat juga meraih kemenangan dalam gaya bebas 50m putra dan berenang dengan gaya kupu-kupu yang terinspirasi dalam estafet gaya ganti putra untuk menyelesaikan lima medali emas.

Amerika Serikat Rajai Kolam Renang

Barbora KrejcikovaBarbora Krejcikova dan Katerina Siniakova.(FOTO: International Tennis Federation)

Amerika Serikat menjadi yang teratas dalam tabel perolehan medali dari kolam renang dengan 11 emas, dengan Australia kedua dengan sembilan medali emas - jumlah tertinggi yang mereka menangkan di Olimpiade.

Inggris Raya, sementara itu, juga bersinar di kolam renang, meninggalkan empat medali emas dalam rekor perolehan total delapan medali mereka.

Di cabang tenis, petenis Jerman Alexander Zverev tampil luar biasa ketika ia mengalahkan petenis Rusia, Karen Khachanov dua set langsung untuk merebut emas tunggal putra.

Petenis peringkat lima dunia yang berumur 24 tahun ini meraih gelar terbesar sepanjang kariernya dengan kemenangan atas petenis Rusia Karen Khachanov di final tunggal putra.

Ia menjadi pria Jerman pertama yang memenangkan emas tunggal Olimpiade dengan kemenangan 6-3 6-1 hanya dalam 79 menit.

Tim Ceko, Barbora Krejcikova dan Katerina Siniakova memerlukan waktu 1 jam 25 menit untuk menumbangkan duo Swiss, Belinda Bencic dan Viktorija Golubic dengan 7-5, 6-1.

Mereka mengkonversi lima dari 11 break point yang mereka ciptakan dan memenangkan sembilan dari sepuluh game terakhir demi memetik kemenangan.

Dengan kemenangan tersebut mereka menjadi tim pertama dari Ceko yang memenangkan medali emas Olimpiade nomor ganda putri.

Kejutan di Cabor Senam

Valerie AdamValerie Adam dari Selandia Baru (FOTO: Otago Daily Times)

Di final lantai putra, Artem Dolgopyat memenangkan emas senam Olimpiade pertama Israel dan hanya gelar Olimpiade kedua mereka dalam olahraga apa pun setelah kemenangan selancar angin tahun 2004 oleh Gal Friedman di Athena.

Dia menyelesaikan level dengan poin dengan Rayderley Zapata dari Spanyol tetapi memenangkan tie-break dengan skor kesulitan yang lebih tinggi.

Hari ke 10, Senin (2/8/2021) akan memperebutkan 22 medali Olimpiade Tokyo 2020 yaitu dari. cabang olahraga:

Senam artistik (cincin putra, lantai putri, lompat lompat putra), atletik (lompat jauh putra, lari gawang 100 m putri, cakram putri, lari halang rintang 3.000 m putra, 5.000 m putri), bulu tangkis (ganda putri, tunggal putra), bersepeda (sprint beregu putri ), berkuda tim event, individu eventing), berlayar (49er FX wanita, 49er pria), menembak (pistol api cepat 25m putra, 3 posisi senapan 50m putra), angkat besi (87kg putri, +87kg putri), gulat (gaya bebas putri 76kg, Greco-Roman 60kg putra, Greco-Roman 130kg putra).

Hingga kini China masih berada di tempat paling atas perolehan medali emas Olimpiade Tokyo 2020 disusul Amerika serikat dan kemudian Jepang. Urutan ke empat dan kelima masing-masing diduduki Australia dengan 14 emas, 3 perak, dan 14 perunggu. ROC (Rusia) dengan 12 emas, 19 perak, dan 13 perunggu. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tasikmalaya just now

Welcome to TIMES Tasikmalaya

TIMES Tasikmalaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.